Cara Memotong Jenggot

Advertisement
advertisement

Jenggot yang dipangkas dengan rapi dan tampak terawat bisa membuat penampilan Anda semakin menarik. Ada begitu banyak pilihan tata rambut wajah yang bisa Anda coba – berikut ini adalah beberapa teknik umum dan ide tata rambut wajah yang bisa Anda jadikan inspirasi saat memulainya.

Membersihkan dan Persiapan

Bersihkan sepenuhnya jenggot Anda. Sangat penting untuk memulai dengan jenggot yang yang bersih dan kering. Rambut pada wajah Anda akan berminyak seperti rambut di kepala Anda, jadi bersihkan dengan benar agar mudah untuk dipangkas.

  • Gosok jenggot Anda dengan sampo di wastafel atau di tempat mandi, kemudian keringkan dengan handuk. Hindari sampo yang membuat kulit Anda kering.

Sisir jenggot Anda. Menyisir akan menghilangkan bagian yang kusut dan membuat jenggot Anda lebih mudah untuk dipangkas.

  • Ikuti arah tumbuh alaminya jenggot Anda, arahkan sisir Anda disepanjang salah satu sisi rahang Anda. Gerakkan mulai dari telinga menuju dagu Anda.
  • Jangan “mengembangkan” jenggot Anda dengan menyisir melawan arah tumbuhnya. Sisir jenggot Anda lurus. Anda bisa mengembangkan jenggot dengan tangan Anda nantinya.

Mulai memotong di depan cermin. Pastikan Anda siap dengan semua yang dibutuhkan: gunting atau alat pemangkas rambut, sisir, handuk, dan produk yang akan Anda gunakan. Anda juga perlu berada di dekat soket listrik jika Anda menggunakan alat pemangkas elektrik.



Tunggu Apalagi? Segera buktikan sekarang juga dan jadikan penampilanmu lebih keren dan maco dengan brewok dan kumis.

Untuk kontak pemesanan dan konsultasi :
WA: http://bit.ly/foltibaffisby
IG : @foltibaffisby
LINE : http://bit.ly/2rqjOBb


Produk Kami Juga Tersedia di Market Place:


  • Shopee: http://bit.ly/folti-shopee
  • Lazada: http://bit.ly/folti-lazada
  • Tokopedia: http://bit.ly/folti-tokopedia
  • Bukalapak : http://bit.ly/folti-bukalapak


  • Cermin bersisi ganda atau cermin tiga arah akan berguna untuk melihat bagian jenggot yang sulit terlihat.

Siapkan tempat untuk menampung potongan jenggot. Wastafel yang tersumbat karena rambut bisa mengganggu pengguna kamar mandi yang lain. Begitu juga, membersihkan setelah selesai akan repot dan menyebalkan. Dengan persiapan di awal yang baik, Anda bisa menghindari kewajiban membersihkan potongan jenggot setelah selesai.

  • Ambil ember kecil untuk menangkap rambut yang lepas.
  • Tebarkan koran atau handuk untuk menangkap rambutnya.
  • Kalau Anda memiliki cermin yang kuat dan bisa dipindah-pindah, pangkas jenggot Anda di luar. Rambut yang dipotong akan ditiup oleh angin!

Memangkas dengan Alat Pemangkas Elektrik

Pilih ujung penjaganya. Kebanyakan alat pemangkas dilengkapi dengan beberapa pilihan ujung penjaga yang terbuat dari plastik. Gunanya ujung penjaga adalah untuk memotong dengan rata dengan kepanjangan rambut yang Anda tentukan – tidak ada yang ingin memotong jenggotnya terlalu pendek.

  • Kalau Anda tidak yakin mana dari dua ujung pejaga yang terbaik, mulai dengan yang panjang dahulu. Anda bisa ulangi lagi dengan yang ujung penjaga yang lebih pendek, tapi kalau sudah terlalu pendek, Anda harus tunggu samapai rambutnya tumbuh kembali.
  • Lihat buku panduan penggunaan untuk rincian penggunaan ujung penjaga dan pengaturan kecepatan pada alat pemangkas Anda.
  • Kalau Anda mau potong semua jenggot Anda, tidak perlu menggunakan ujung penjaganya.

Nyalakan alat pemangkas dan dengan tekanan yang mantap namun lembut, pangkas setiap sisi muka Anda, bergerak mengikuti arah tumbuhnya rambut dengan gerakan yang mulus.

  • Pertahankan keseimbangan antara kedua sisi muka Anda dengan selalu memulai dari telinga dan bergerak kebawah.
  • Ujung penjaganya menghindarkan alat pemangkas dari memotong kebanyakan rambut atau membuat iritasi kulit Anda.

Pangkas kumis dan dagu Anda. Mulai dari bawah hidung Anda dan bergerak ke sudut mulut, kemudian teruskan kebawah dagu Anda. Perhatikan dengan teliti bagian tepat dibawah hidung Anda yang sulit dicapai.

  • Tutup mulut Anda agar rambutnya tidak masuk!
  • Tergantung dari panjangnya jenggot Anda, mungkin lebih mudah untuk memotong kumis Anda dengan menggunakan gunting.

Akhiri dengan ujung yang tajam alat pemangkas. Lepaskan ujung penjaganya dan pangkas sepanjang garis leher Anda untuk menghilangkan sisa rambut yang ada. Gunakan dagu Anda sebagai batas sudut yang lurus.

  • Kalau Anda inginkan, Anda bisa cukur bagian leher Anda, tergantung dari gaya yang ingin Anda ciptakan. Ada yang suka dengan batasan yang mulus dengan jenggot, sementara ada yang lebih suka ada rambut tipis di leher.

Membetulkan Alat Pemangkas dan Pemeliharaan

Bersihkan alat pemangkas Anda. Kebanyakan alat pemangkas dilengkapi dengan kotak pemeliharaan yang termasuk sebuah sisir kecil. Setelah digunakan, bersihkan sisa rambut yang tersisa di ujung alat pemangkas dan ujung penjaga. Ini memastikan sisa rambut tidak berkumpul dan memasuki bagian dalam dari alat pemangkas, dimana bisa mengganggu fungsi motornya.

  • Kalau alat pemangkas Anda tidak dilengkapi dengan sikat, Anda bisa gunakan sikat gigi yang sudah tidak dipakai atau pembersih pipa.

Jaga agar alat pemangkas Anda tetap tajam. Kebanyakan alat pemangkas juga meyediakan minyak mineral untuk lubrikasi. Setelah beberapa kali mencukur, bersihkan mata pisaunya dengan sikat, kemudian teteskan beberapa tetes minyak mineralnya sepanjang mata pisaunya. Nyalakan alat pemangkasnya selama dua puluh detik. Ini akan mengakibatkan minyaknya untuk menyebar sepanjang mata pisaunya, agar tetap tajam dan mulus.

  • Kalau alat pemangkas Anda tidak menyediakan minyaknya, hubungi dahulu perusahaan manufakturnya sebelum menggunakan minyak Anda sendiri – kebanyakan minyak yang ada di rumah tidak cocok untuk alat pemangkas dan akan mempengaruhi kemampuannya.

Bersiaplah untuk masalah yang biasa terjadi. Alat pemangkas yang terawat tidak akan membuat masalah. Namun, seperti halnya peralatan elektrik lainnya, alat pemangkas bisa mengalami masalah. Berikut ini adalah beberapa keluhan yang umum, dengan instruksi cara mengatasinya:

  • “Alat pemangkas saya mengeluarkan suara bergetar yang keras.” Kebanyakan alat pemangkas memiliki regulator voltase yang mirip sekrup di bagian samping alat. Ini bisa di sesuaikan dengan alat yang biasanya disediakan atau dengan obeng biasa. Coba sesuaikan regulator voltasenya di kedua arah samapi suaranya berhenti. Tidak ada resiko kesetrum.
  • “Alat pemangkas saya tidak bisa memotong rambut saya.” Mungkin alat pemangkas Anda tidak cukup tajam atau mesinnya kehilangan tenaga. Pastikan Anda membersihkannya dan mengoleskan minyak secara rutin. Apabila alat pemotongnya terlihat pelan gerakannya, mungkin ada masalah dengan motornya – sudah waktunya untuk mengganti alat pemangkasnya. Konsultasikan dengan pembuatnya untuk informasi garansinya.
    • Kemungkinan lain, rambut Anda mungkin terlalu tebal! Bersihkan rambut yang nyangkut di mata pisaunya dan coba lagi dengan potongan yang lebih tipis.
  • “Tenaga alat pemangkas saya tidak tahan lama.” Dengan berjalannya waktu, batere pada alat pemangkas yang bisa dibawa-bawa akan menurun. Kebanyakan pembuat alat pemangkas bisa menggantinya – hubungi pembuatnya untuk informasi.
  • “Mata pisau alat pemangkas saya bengkok.” Ada kemungkinan mata pisau alat pemangkas akan menggeser. Mengembalikannya biasanya tidak terlalu susah, tetapi akan berbeda sesuai tipe dan model alat pemangkas Anda. Untungnya, kebanyakan pembuat memiliki instruksi online untuk membenarkan mata pisau dan instruksi untuk membetulkan sendiri yang mudah untuk dicari.

Memangkas dengan Gunting

Pilih gunting yang tajam, bersih, lebih baik gunting tukang potong rambut. Gunting adalah cara baik untuk memendekan jenggot, tetapi memerlukan tangan yang terlatih untuk pekerjaan yang diteil, seperti menipiskan atau pembentukan.

  • Pastikan guntingnya bebas dari karat dan tidak bermasalah atau kerusakan pada pisaunya yang mungkin akan menarik rambut Anda.
  • Jangan gunakan gunting dapur atau gunting untuk taman. Ini biasanya terlalu besar dan susah untuk di gerakan. Anda tidak mau menggunting diri sendiri.

Gunakan sisir untuk membantu mengarahkan. Ini akan membantu Anda untuk tidak memotong terlalu pendek. Coba ikuti seorang tukang potong rambut mengumpulkan rambut pada sisir, kemudian memotongnya.

  • Sisir dari telinga sampai dagu Anda, memperlihatkan rambut sedikit.
  • Pangkas rambut yang terdapat pada bagian luar sisir.
  • Berhati-hatilah sat melakukan langkah ini. Mulai dengan memangkas sedikit demi sedikit – Anda bisa putuskan kalau mau dipndekin lagi, tapi susah untuk membetulkannya kalau sudah terlalu pendek.

Ulangi proses ini pada sisi muka Anda yang satunya. Lanjutkan memotong jenggot Anda secara rata sampai mencapai ketebalan yang di-inginkan.

  • Sisir kembali jenggot Anda untuk memastikan pangkasan yang merata.
Pangkas kumis dan dagu Anda. Sisr rambutnya lurus kebawah. Dengan garis lurus, pangkas rambut yang melewati garis bibir Anda.

Akhiri dengan bagian ujung alat pemangkas. Dengan berhati-hati, gunakan gunting untuk memangkas rambut pada leher Anda setipis mungkin.

  • Kalau memungkinkan, gunakan alat pemangkas elektrik untuk langkah ini.
  • Kalau Anda tidak yakin, Anda bisa mencukurnya dengan alat cukur biasa untuk menghilangkan semua rambut. Ini lebih mudah daripada menggunakan gunting.

Opsional: Mencukur untuk Menciptakan Garis-garis Bersih

Pilih gaya dengan garis-garis bersih. Banyak gaya jenggot yang menciptakan kontras dramatis dengan garis-garis yang bersih, yang jelas membuat garis antara ujung rambut jenggot dan kulit. Walaupun Anda tidak ingin bikin heboh, Anda perlu rutin membersihkan rambut pada muka Anda. Proses ini semudah menghilangkan rambut di leher pada jenggot biasa atau yang lebih rumit seperti menyamakan panjangnya jambang Anda! Apapun kondisinya, miliki rencana sebelumnya – alat cukur biasa akan memotong sampai ke kulit, jadi kesalahan besar akan merubah gaya jenggot Anda.

  • Tidak ada cara benar untuk membentuk jenggot. Namun, gaya jenggot yang umum adalah dengan mencukur rambut pada leher dibawah dagu dan bagian atas pipi untuk menghindari tampilan “gondrong”. Putuskan yang terbaik untuk Anda.
Beli pisau cukur. Pada zaman dahulu, mencukur memerlukan pisau cukur yang tajam dan terurus. Sekarang, hampir semua toko swalayan menyediakan pisau cukur plastik yang aman. Apa yang Anda gunakan untuk mempertahankan garis-garis bersih tergantung pada Anda – pisau cukur plastik murah, mudah digunakan, dan nyaman, tapi ada yang memilih menggunakan pisau cukur untuk hasil yang elegan dan presisi. Untuk informasi tambahan, periksa arahan yang lebih lengkap di Cara untuk Mencukur.

Persiapkan jenggot Anda untuk dicukur. Tujuan Anda adalah agar jenggot Anda (khususnya disekitar bagian yang Anda inginkan garis-garis bersihnya) hangat dan basah – akan lebih empuk dan mudah untuk dipotong. Ada beberapa variasi untuk langkah ini. Ini ada beberapa cara yang umum:

  • Cipratkan air panas ke-muka Anda. Kalau jenggot Anda halus (atau Anda memang berani), tidak ada persiapan lain yang diperlukan, walaupun mungkin Anda harus mengulanginya agar jenggot Anda tetap hangat dan basah.
  • Gunakan air panas dan busa untuk cukur. Ini adalah cara yang paling umum. Cipratkan air panas pada muka Anda seperti diatas, kemudian oleskan krim cukur atau minyak sampai berbusa di tempat yang Anda akan cukur. Kalau Anda punya waktu, biarkan selama satu atau dua menit – cukuran Anda akan lebih nyaman.
  • Gunakan handuk hangat. Kalau Anda punya waktu yang cukup, cara ini benar-benar nyaman. Lilitkan handuk yang hangat dan basah mengelilingi kepala Anda hingga menutupi jenggot Anda. Biarkan sampai handuk dingin. Lepaskan, oleskan krim cukur, dan mulai cukur.
  • Banyak yang suka untuk mandi sebelumnya (atau bersamaan) mencukur karena mandi memberikan suplai air hangat yang konstan. Kalau Anda tertarik dengan cara ini, pertimbangkan untuk membeli cermin kecil agar dapat mencukur dengan rapih.

Mulai gerakan pertama Anda satu inci dari garis jenggot Anda. Buatlah aman – dengan cara ini, Anda memiliki “ruang gerak” kalau Anda melakukan gerakan memotong yang terlalu besar.

  • Kalau Anda menggunakan busa dari krim cukur dan Anda tidak bisa melihat dimana Anda mencukur, hapus sebagian dengan jari Anda. Busa yang tipis masih bisa bekerja dengan baik.
Cukur sepanjang garis jenggot Anda. Gunakan gerakan yang berbeda sepanjang tidak menyakitkan atau yang berlawanan dengan arah tumbuhnya rambut Anda – gerakan yang paralel dengan garis jenggot Anda bisa digunakan untuk potongan yang besar, sementara gerakan memotong yang tegak lurus dengan garis jenggot Anda bisa digunakan untuk memotong garis jenggot untuk merapihkan perubahannya.
Ulangi untuk sisi satunya muka Anda. Sebuah cermin dan penerangan yang baik sangat penting – Anda perlu bisa melihat semua bagian dari muka Anda kalau menginginkan potongan yang benar-benar simetris.

Hapus sisa busa dan bersihkan muka Anda dengan air dingin. Air dingin akan mengecangkan kulit dan membantu memberhentikan pendarahan dari potongan kecil. Instruksi selanjutnya untuk merawat luka cukur ada pada panduan cara mencukur muka Anda.

  • Saat muka Anda sudah dibersihkan, Anda bisa melihat kekurangan atau bagian yang terlewatkan. Biasanya, ini bisa dibetulkan tanpa harus mengoleskan kembali busanya.

Gaya Jenggot dan Variasinya

Biarkan selempang dagu. Jadilah seperti Abe (Abraham) Lincoln dengan memangkas sepenuhnya kumis dan menyisakan yang lainnya.

  • Ini mudah dengan pemangkas jenggot. Ikuti langkah-langkah diatas untuk memangkas dan kemudian hilangkan kumis dengan pemangkas halus.
  • Pertahankan dengan mencukur bagian atas bibir Anda dengan alat cukur. Kalau tidak bisa, minimal pertahankan untuk tetap pendek dengan pemangkas halus.

Jadi keren dengan “goatee” (jenggot gaya kambing). Pangkas jambang Anda, sisakan sedikit disekitar mulut Anda agar memberi kesan jantan.

  • Bayangkan garis yang menjalar dari sisi hidung Anda ke ujung bibir Anda dan dan cukur semua yang ada diantara garis tersebut dan telinga Anda, meninggalkan rambut disekitar dagu dan kumis.
  • Bereksperimen dengan jambang yang beda-beda panjangnya, atau, untuk gaya yang disebut “fu-manchu”, hilangkan rambut di bawah bibir bawah dan dagu.

Coba gaya potongan domba (muttonchop). Pada dasarnya ini adalah gaya yang terbalik dari “goatee”, biarkan jambang panjang dan hilangkan kumis, dagu dan jenggot leher.

  • Juga coba dengan membiarkan kumis untuk variasi dari potongan dagu (chinstrap).

Pangkas ekstra pendek untuk gaya bayangan jam lima (five-o’clock shadow). Lepaskan ujung pengaman alat pemangkas atau gunakan gunting untuk memangkas (hampir) semua rambut. Anda ingin menciptakan jenggot yang pendek di semua bagian. Ini adalah penampilan sangat jantan.

  • Efek ini lebih jelas kalau rambut Anda berwarna gelap (apalagi kalau kulit Anda terang).

Tumbuhkan gaya yang disebut “soul patch”. Ini adalah gaya dengan jenggot yang kecil dan pendek dibawah bibir bawah Anda. Penampilan seperti ini disukai musisi jazz dan cocoknya digabungkan dengan kaca-mata hitam yang keren. Terus tetap cukur dengan bersih, meninggalkan sedikit rambut berbentuk segi-tiga mengarah kebawah dari bibir bawah sampai dagu Anda.

  • Coba beberapa kepanjangan dengan gaya ini. Kalau terlalu pendek bisa tidak terlihat, sementara kalau terlalu panjang bisa memberikan kesan misterius.
Gegerkan teman-teman Anda dengan kumis pensil “pencil ‘stache”. Kumis gaya ini diasosiasikan dengan sutradara terkenal John Waters. Cukur jenggot Anda hingga tinggal kumis saja. Pangkas kumis Anda menggunakan alat pemangkas dengan ujung pengaman yang pendek. Kemudian, dengan pisau cukur, perlahan cukur kumis Anda sampai dengan terbentuk garis tipis diatas bibir atas Anda. Para gadis akan tertarik dengan gaya Anda!

Bereksperimen! Cobalah berbagai gaya dan kepanjangan. Nantinya akan tumbuh kembali.

  • Kalau Anda berencana untuk memangkas habis jenggot Anda, gunakan kesempatan ini untuk mencoba beberapa gaya untuk waktu tertentu. Makan siang dengan gaya “goatee” dan makan malam dengan kumis. Anda mungkin menemukan gaya yang Anda sukai.

Tips

  • Jangan pernah memangkas rambut yang basah dengan gunting. Rambut menjadi lebih panjang kalau basah, yang berarti Anda akan sadar bahwa Anda memotongnya terlalu pendek saat rambut Anda kering.
  • Kalau Anda baru akan mulai menumbuhkan jenggot, disarankan untuk membiarkannya tumbuh selama empat minggu sebelum Anda mulai memangkasnya.
  • Jaga alat pemangkas tetap tajam dan diurus dengan baik untuk pemangkasan yang bebas iritasi.
  • Kalau Anda punya alat pemangkas listrik tapi tidak punya ujung pengamannya, coba gunakan sisir. Sisir jenggot Anda, dan pangkas menggunakan alat pemangkas rambut yang ada disisir.
  • Kalau ada potongan rambut di bagian yang susah dijangkau disekitar wastafel Anda, coba lilitkan kertas tisu pada jari Anda dan basahkan. Tekankan jari Anda ke area yang susah dijangkau – harusnya potongan rambut akan menempel pada jari Anda.

Content retrieved from: https://id.wikihow.com/Memotong-Jenggot.

Advertisement
advertisement
Cara Memotong Jenggot | admin | 4.5