Cara Menghilangkan Bulu tanpa Bercukur

By | July 12, 2018

Apakah Anda muak melihat bulu tubuh yang tumbuh tidak terkendali, namun tidak suka menghabiskan biaya, waktu, serta menahan sakitnya bercukur? Jangan takut — ada beragam cara menghilangkan bulu tanpa harus menggunakan pisau cukur. Salah satu cara di bawah ini mungkin cocok untuk Anda, sesuai dengan kondisi bulu dan hasil yang Anda inginkan. Jadi, teliti lebih jauh pilihan Anda hari ini untuk menentukan yang paling tepat!

Solusi Sehari-hari

Gunakan krim penghilang bulu. Krim penghilang bulu dapat melarutkan bulu di permukaan kulit.Biasanya, produk ini dijual dalam bentuk losion atau dalam kemasan botol sampo di apotek-apotek seperti Century, dll., dengan harga yang cukup murah. Jika Anda memilih cara ini, periksa kandungan bahan dalam krim saat berbelanja untuk memeriksa kecocokannya dengan kulit Anda, dan pastikan untuk selalu mengikuti panduan dalam kemasannya.

  • Kelebihan: tidak terasa sakit dan mudah digunakan.
  • Kekurangan: harus digunakan secara rutin (karena bulu akan kembali tumbuh seperti biasanya). Aromanya mungkin tidak sedap.
  • Catatan: untuk mendapatkan hasil terbaik, gunakan setelah mandi saat kondisi bulu paling lembut. Jangan gunakan produk yang bertanda untuk digunakan di tubuh ke wajah Anda — karena dibuat dari bahan-bahan kimia yang lebih keras.

Cobalah bantal penghilang bulu. Produk lain yang cukup bermanfaat untuk menghilangkan bulu-bulu yang mengganggu adalah bantal penghilang bulu. Bantal ini pada dasarnya bekerja seperti kain penggosok bergagang pendek: digunakan dengan menggosokkan sisi kasarnya di permukaan kulit menggunakan gerakan cepat, pendek, dan sedikit tekanan hingga rambut tercabut perlahan. Bagian yang dapat dijangkau bantal dalam sekali waktu cukup sempit, sehingga pilihan ini lebih sesuai untuk bagian yang hanya ditumbuhi sedikit bulu.

  • Kelebihan: tidak terasa sakit bila digunakan dengan benar. Kulit tidak terasa perih akibat penggunaan losion, krim aftershave, dll.
  • Kekurangan: menghabiskan banyak waktu.
  • Catatan: produk ini juga akan mengelupas kulit, sehingga tampak gelap. Gunakan losion setelahnya untuk mengembalikan kelembapan kulit. Cuci dan keringkan bantal penghilang bulu setelah digunakan.

Coba mencabut bulu menggunakan benang. Cara menghilangkan bulu yang berasal dari Turki berabad-abad lalu ini sekarang dikenal luas di seluruh dunia. Untuk menghilangkan bulu yang mengganggu, sehelai benang akan digunakan oleh terapis untuk mengumpulkan bulu dan mengikatnya, kemudian benang dipilin, hingga akhirnya bulu tercabut. Dengan teknik ini, bulu dapat dihilangkan dengan cukup cepat — 15 menit untuk kedua alis mata sudah dianggap bagus.



Tunggu Apalagi? Segera buktikan sekarang juga dan jadikan penampilanmu lebih keren dan maco dengan brewok dan kumis. Untuk kontak pemesanan dan konsultasi : WA: http://bit.ly/foltibaffisby IG : @foltibaffisby LINE : http://bit.ly/2rqjOBb Produk Kami Juga Tersedia di Market Place: Shopee: http://bit.ly/folti-shopee Lazada: http://bit.ly/folti-lazada Tokopedia: http://bit.ly/folti-tokopedia Bukalapak : http://bit.ly/folti-bukalapak

  • Kelebihan: lebih sehat bagi kulit ketimbang waxing. Pilihan tepat bagi kulit sensitif. Hasilnya dapat bertahan selama beberapa minggu.
  • Kekurangan: terasa sakit. Paling cocok digunakan pada kulit yang rata (bukan bagian sendi). Tidak bisa dilakukan di rumah.
  • Catatan: berusahalah mencari terapis yang tepercaya. Terapis penghilang bulu yang ahli dapat membuat proses ini tidak terlalu terasa sakit.

Cobalah mencabut bulu. Alat yang sudah lama digunakan dan dapat diandalkan untuk menghilangkan bulu adalah pencabut bulu. Alat ini dapat Anda gunakan untuk mengambil dan mencabut bulu yang mengganggu satu per satu. Karena menimbulkan sakit, cara ini biasanya hanya digunakan untuk menghilangkan beberapa helai bulu sekali waktu — menghilangkan bulu terlalu banyak dengan cara ini akan terasa sangat menyakitkan.

  • Kelebihan: memungkinkan Anda untuk menghilangkan bulu secara akurat satu per satu, di tempat yang Anda inginkan.
  • Kekurangan: terasa sakit. Menghabiskan banyak waktu, terkecuali jika Anda hanya perlu mencabut beberapa helai bulu saja. Dapat menyebabkan iritasi ringan pada sebagian orang.
  • Catatan: cuci pencabut bulu sebelum dan setelah digunakan. Baca artikel Cara Menghindari Iritasi Kulit saat Mencabut Bulu untuk mengetahui panduan cara mengurangi iritasi kulit setelahnya.

Cobalah waxing. Cara menghilangkan bulu yang telah dikenal luas ini cukup ditakuti, walaupun sering kali tidak semenakutkan kelihatannya. Waxing sangat cocok digunakan untuk menghilangkan bulu membandel di kaki, ketiak, area bikini, dan wajah (asalkan dilakukan dengan hati-hati dan lembut). Pilihan ini juga sangat cocok bagi orang-orang berbulu tebal dan gelap yang sangat berbeda dengan warna kulitnya. Waxing dapat dilakukan dengan membeli perangkatnya di toko kosmetik atau dengan bantuan terapis profesional.

  • Kelebihan: dapat menghilangkan banyak bulu dalam waktu singkat. Hasilnya dapat bertahan selama beberapa minggu.
  • Kekurangan: terasa sakit, walaupun akan berkurang setelah perawatan yang pertama. Sulit dilakukan di rumah, dan dibutuhkan biaya cukup mahal untuk menggunakan jasa terapis profesional.
  • Catatan: jika Anda melakukan waxing sendiri, oleskan lilin searah dengan pertumbuhan bulu dan tarik ke arah sebaliknya. Ikuti panduan dalam kemasan lilin, terutama dalam hal cara pemanasannya.

Coba menghilangkan bulu dengan gula (sugaring). Cara “sugaring” menghilangkan bulu sangat mirip dengan waxing — menggunakan cairan kental yang dioleskan ke kulit, dibiarkan kering, kemudian ditarik dengan kain. Perbedaannya adalah cairan yang digunakan: tidak seperti waxing, sugaring menggunakan bahan-bahan alami (sering kali campuran gula yang menyerupai madu, sari lemon, dan air). Hasilnya, cara ini lebih lembut bagi kulit sebagian orang (terutama penderita alergi).

  • Kelebihan: dapat menghilangkan banyak bulu dalam waktu singkat. Hasilnya bertahan selama beberapa minggu. Mempunyai risiko alergi atau iritasi yang lebih kecil. Dapat dibuat di rumah (dengan hati-hati).
  • Kekurangan: dapat menyebabkan rasa sakit seperti waxing, walaupun akan berkurang setelah perawatan pertama. Sulit dilakukan di rumah, dan dibutuhkan biaya cukup mahal untuk menggunakan jasa terapis profesional.
  • Catatan: baca artikel sugaring kami untuk mengetahui cara pembuatan cairannya di rumah dan panduan penggunaannya.

Coba gunakan epilator. Epilator adalah suatu alat yang cara kerjanya mirip dengan pencabut bulu otomatis, yang dapat mencabut bulu dengan perangkat mekanis. Namun, tidak seperti pencabut bulu biasa, epilator hanya mencabut bulu — dan tidak membawa kulit di sekitarnya — sehingga tidak terlalu sakit bagi sebagian orang. Epilator adalah alat yang cocok untuk seluruh bagian tubuh, serta tidak terlalu sakit saat digunakan.

  • Kelebihan: dapat menghilangkan banyak bulu dalam waktu singkat. Hasilnya bertahan selama beberapa minggu. Waktu yang dibutuhkan lebih cepat dibandingkan pencabut bulu manual. Lebih lembut di kulit bagi sebagian orang.
  • Kekurangan: menyebabkan rasa sakit, walaupun akan berkurang setelah pemakaian pertama. Alat ini harus dibersihkan dan dirawat.
  • Catatan: belilah epilator tahan air jika bisa, kemudian cabut bulu di kamar mandi saat kondisinya paling lembut dan mudah dicabut.

Solusi Permanen

Pertimbangkan terapi laser. Terapi laser untuk menghilangkan bulu adalah salah satu tindakan kosmetik yang paling banyak dilakukan saat ini. Dalam tindakan ini, sinar berenergi tinggi diarahkan ke folikel bulu dan menghancurkannya. Bulu akan nyaris berhenti tumbuh secara permanen setelah tiga hingga tujuh kali perawatan.

  • Kelebihan: waktu yang dibutuhkan singkat, tidak terlalu menimbulkan sakit. Tersedia secara luas karena terkenal.
  • Kekurangan: dapat menimbulkan sakit dan kemerahan pada kulit seperti terbakar sinar matahari selama beberapa hari. Kulit melepuh, berubah warna, dan efek samping yang lebih berat walaupun jarang terjadi.
  • Catatan: bulu yang disinari laser tidak akan langsung rontok, namun membutuhkan waktu sekitar 1 bulan setelahnya. Tabir surya biasanya disarankan untuk melindungi bagian yang disinari laser.
  • Biaya: bervariasi, sekitar Rp3.000.000,00 sekali perawatan.

Pertimbangkan elektrolisis. Pada elektrolisis, probe berukuran kecil dan tipis akan digunakan untuk menghancurkan folikel-folikel bulu menggunakan frekuensi radio gelombang pendek. Setelahnya, bulu akan dicabut menggunakan alat pencabut bulu. Cara ini merupakan solusi yang mendekati permanen untuk menghilangkan bulu setelah beberapa kali perawatan. Elektrolisis cocok digunakan di sebagian besar tubuh.

  • Kelebihan: rasa sakit yang ditimbulkan umumnya ringan. Hanya membutuhkan beberapa kali perawatan saja.
  • Kekurangan: dapat menyebabkan sakit dan kemerahan selama beberapa saat.
  • Catatan: pastikan untuk memilih terapis elektrolisis resmi dan berizin. Teknik elektrolisis yang salah dapat menyebabkan rasa sakit yang lebih berat.
  • Biaya: bervariasi, antara Rp350.000,00 hingga Rp2.000.000,00 per jam.
Pahami bahwa sebagian kecil rambut masih dapat tumbuh kembali setelah perawatan di atas sekalipun. Sayangnya, hingga saat ini, tidak ada cara menghilangkan bulu yang 100% permanen. Walaupun dapat menghentikan pertumbuhan bulu secara permanen, hasilnya tidak akan selalu 100%. Setelah beberapa tahun, sebagian kecil bulu mungkin akan tumbuh kembali, jadi Anda mungkin harus mengulangi perawatan Anda. Pahami hal ini saat menentukan pilihan Anda.

Bicarakan dengan dokter sebelum mencoba perawatan “permanen”. Walaupun terapi laser dan elektrolisis dianggap aman oleh FDA (badan pengawas obat dan makanan AS) bila dilakukan oleh terapis profesional, masih ada sedikit kemungkinan bahaya akibat cara menghilangkan bulu tersebut. Misalnya, dalam beberapa kasus terpisah, orang yang terlalu banyak menggunakan krim anestesi lokal di wajah sebelum perawatan laser dilaporkan mengalami gejala yang mengancam nyawanya.

  • Oleh karena itu, membahas tindakan penghilangan bulu dengan dokter sebelum menentukan untuk menjalani salah satunya adalah hal yang penting. Hanya dokter Anda yang dapat menentukan dengan pasti perawatan mana (jika ada) yang aman dan sesuai untuk Anda.

Tips

  • Saat mencoba salah satu cara seperti waxing untuk pertama kalinya, gunakan di sebagian kecil kulit yang tersembunyi terlebih dahulu hingga Anda dapat melakukannya dengan benar.
  • Pada semua cara di atas, eksfoliasi kulit secara teratur adalah perawatan yang terbaik untuk mengurangi risiko bulu yang tumbuh di dalam kulit.

Peringatan

  • Perhatikan reaksi kulit Anda terhadap produk. Jika kulit Anda mengalami ruam, gatal, atau memerah, hentikan penggunaannya.
  • Berhati-hatilah saat menggunakan solusi permanen dan semipermanen seperti waxing, terutama di bagian yang sangat mudah dilihat seperti wajah. Anda masih bisa mencabut bulu yang tertinggal, namun tidak bisa menumbuhkan bulu yang tidak sengaja tercabut dalam waktu singkat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *